Senin, 20 Maret 2017

Definisi, Hubungan dan contoh kasus matematika & ilmu alamiah dasar

1.      Definisi matematika
Secara etimologi, berasal dari bahasa latin manthanein ataumathemata yang berarti "belajar atau hal yang dipelajari" (things that are learned). Matematika adalah ilmu yang tidak jauh dari realitas kehidupan manusia. Proses pembentukan dan pengembangan ilmu matematika tersebut sejak jaman purba hingga sekarang tidak pernah berhenti. Sepanjang sejarah matematika dengan segala perkembangan dan pengalaman langsung berinteraksi dengan matematika membuat pengertian orang tentang matematika terus berkembang.

Berikut ini adalah pengertian matematika yang disampaikan oleh para ahli:
A.    Pengertian Matematika Menurut Riedesel: Matematika adalah kumpulan kebenaran dan aturan, matematika bukanlah sekedar berhitung. Matematika merupakan sebuah bahasa, kegiatan pembangkitan masalah dan pemecahan masalah, kegiatan menemukan dan mempelajari pola serta hubungan.
B.     Pengertian Matematika Menurut Prof. Dr. Andi Hakim Nasution: matematika adalah ilmu struktur, urutan (order), dan hubungan yang meliputi dasar-dasar perhitungan, pengukuran, dan penggambaran bentuk objek.
C.     Pengertian Matematika Menurut Susilo: Matematika bukanlah bukanlah sekedar kumpulan angka, simbol, dan rumus yang tidak ada kaitannya dengan dunia nyata. Justru sebaliknya, matematika tumbuh dan berakar dari dunia nyata.
D.    Pengertian Matematika Menurut Yansen Marpaung: Matematika adalah ilmu yang dalam perkembangannya penggunaanya menganut metode deduksi.
E.     Pengertian Matematika Menurut Suwarsono: Matematika adalah ilmu yang memiliki sifat khas yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.

2.      Definisi Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu alamiah dasar adalah merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsepdasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam manusia. Ilmu alamiah ataubiasa disebut dengan ilmu pengetahuan (natural science) merupakan pengetahuan yangmengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta termasuk dimuka bumi ini, sehinggaterbentuk konsep dan prinsip.

3.      Definisi psikologi
Adalah ilmu mengenai kehidupan mental, termasuk fenomena dan kondisi - kondisinya. Fenomena adalah apa yang kita sebut sebagai perasaan, keinginan,kognisi, berpikiran logis, keputusan - keputusan dan sebagainya. (James,Wiliiam. 1980).
Dalam perjalanan sejarahnya yang singkat, psikologi telah didefinisikan dalam berbagai cara. Secara etimologis “Psikologi” berasal dari bahasa Yunani: Psyche dan logos.Psyche artinya jiwa dan logos berarti ilmu. Dalam bahasa Arab, psikologi disebut dengan “Ilmu an Nafsi”. Yang belakangan kemudian dikembangkan menjadi satu ilmu bernama “Nafsiologi”. Dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan “Ilmu Jiwa”. Sedangkan para ahli psikologi terdahulu, mendefinisikan bidang mereka sebagai “suatu kegiatan mental”. Dengan berkembangnya aliran behaviorisme tahun 1930-an sampai 1960-an yang menekankan pada studi yang dapat mengukur fenomena secara objektif, maka psikologi didefinisikan sebagai “studi mengenai perilaku”. Namun setelah Psikologi kognitif dan fenomenologis menyusul perkembangan tersebut, maka definisi psikologi sekarang mencakup acuan mengenai “studi mengenai proses perilaku dan mental”.

4. Hubungan Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi
Matematika merupakan ilmu yang menggunakan nalar. Matematika mengajak seseorang untuk berpikir cermat dan melatih kita unutk meyelesaikan masalah. Matematika identik dengan angka dan masalah yang harus dipecahkan dengan menggunakan rasio. Sementara itu, ilmu alamiah dasar atau biasa disebut ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu yang mengkaji tentang gejala alam. Cabang dari ilmu pengetahuan antara lain adalah astronomi, kimia, biologi, ilmu bumi, dan fisika. Matematika dan Ilmu Budaya Dasar memiliki hubungan dengan psikologi. Matematika merupakan ilmu yang berhubungan dengan nalar dan pemecahan masalah. Hal ini sangat membantu dalam ilmu pengetahuan karena ilmu pemngetahuan berdasarkan pada observasi dan eksperimen. Ilmu pengetahuan memerlukan matematika untuk membantunya menemukan jawaban dan menyusun teori. Sementara itu, psikologi memerlukan matematika dan ilmu alamiah dasar untuk menyusun teori dan melakukan perhitungan. Sementara itu salah satu cabang ilmu pengetahuan adalah biologi. Biologi amat penting bagi ilmu psikologi terutama untuk mempelajari berbagai macam mekanisme dalam tubuh manusia. Melalui berbagai penelitian, ilmu biologi dapat menjelaskan hal-hal seperti proses penginderaan pada manusia, alasan saat takut detak jantung menjadi lebih cepat dan sebagainya. Ini amat membantu perkembangan ilmu psikologi.

5. Contoh Kasus
Hubungan antara matematika dan psikologi tentunya sudah pasti sangat erat, terutama di zaman modern ini. Karena itulah evolusi matematika dapat dipandang sebagai sederetan abtraksi yang selalu bertambah banyak, atau perkataan lainnya perluasan pokok masalah. Abstraksi mula-mula, yang juga berlaku pada kebanyakan binatang, adalah tentang bilangan. Sebagai contoh : pernyataan bahwa dua Baju dan dua Jaket,  memiliki jumlah yang sam.
Matematika juga bisa disebut sebagai ilmu Logika, contoh nya pada tes masuk Perguruan Tinggi, para calon mahasiswa/i biasanya harus mengikuti tes terlebih dahulu, yaiu sebuah tes tulis dengan materi Bahasa Inggris,dan  matematika.  Secara tidak langsung kita akan diukur kemampuan seberapa jauh pola berfikir cepat dan cara kita menyelesaikan masalah.  Menghitung hasil dari Tes IQ juga bisa menggunakan teori statistika untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pola fikir dengan cara menghitung distribusi frekuensi kelompok dengan ukuran tendensi sentral dan letak nilai dan yang patut kita tahu bahwa matematika membentuk pola berpikir kritis, kreatif, inovatis, dan mandiri serta mampu menyelesaikan masalah secara tepat dan dapat ditanggung jawabkan.
Ada beberapa materi yang dapat dikatakan berhubungan dengan psikologi, seperti Peluang dan himpunan. Pembahasan mengenai himpunan, dalam matematika himpunan adalah kumpulan unsur-unsur yang dipaparkan dengan jelas, dan penulisan himpunan diberi tanda kurung kurawal. Unsur-unsur yang terdapat didalam himpunan biasa disebut anggota atau elemen.
Contoh : à {............................}
Di dalam himpunan terdapat beberapa cabang himpunan sepeerti Himpunan yang Sama, Himpunan Bagian, Himpunan Semesta, Diagram Venn, Gabungan Himpunan, dan Irisan Himpunan. Pengambilan contoh yang mudah untuk dipahami dalam hubungan Matematika dan Psikologi adalah Irisan Himpunan.

Contoh :
Dalam matematika à A = {2,3,5,6,9}
B = {3,5,2,9}
Jadi, A B = {2,3,5,9}
Dalam psikologi à Orang ke-1 = {periang, egois, manaj, cerdas}
Orang ke-2 = {mandiri, cerdas, egois, sok tau, manja}
Jadi, Orang ke-1 Orang ke-2 = {cerdas, egois, Manja}

         Dari kedua bentuk himpunan, dapat ditarik kesimpulan hasil irisan nya diambil dari kesamaan yang terdapat dalam kedua anggota atau elemen pada kedua bentuk himpunan tersebut. Dalam hubungannya dengan ilmu psikologi pada bentuk himpunan yang kedua didapat bahwa matematika dapat digunakan dalam mengklasifikasikan sifat-sifat manusia yang dipelajarai dalam Psikologi. Walaupun dalam kenyataannya terdapat perbedaan yang sangat jelas antara matematika dan psikologi, yaitu matematika adalah ilmu pasti dan psikologi adalah ilmu sosial. Namun dalam hal ini sudah dapat dibuktikan bahwa ilmu pasti atau matematikan dapat di aplikasikan ke ilmu psikologi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Hubungan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi sangat erat. Contohnya antropologi dengan psikologi. Dalam hal ini kita mempelajari perilaku manusia dari peradaban yang berbeda-beda dari suku-suku yang banyak di /indonesia lalu Psikologi. Lalu peran sosiologi dengan psikologi, daam bahasan ini Sosiologi dan ilmu Psikologi membahas tentang masyarakat luas dan interaksinya dalam masyarakat luas. Adapula contoh bidang studi lain yaitu biologi dengan Psikologi. Biologi adalah ilmmu yang mempelajari tentang makhluk hidup baik manusia, hewan serta tumbuhan. Hal yan terkait dalam ilmu psikologi yaitu pada biologi membahas tentang struktur-struktur ataupun keadaan jasmani manusia baik dari luar maupun dari dalam. Tentunya hal ini diperlukan dalam ilmu psikologi untuk mengetahui penyebab atau gejala-gejala yang dialami seseorang apalagi yang biasanya berhubungan dengan terganggu nya psikis seseorang.
          
Pembahasan dalam bidang studi Ilmu Alamiah Dasar berfokus pada mengenali dan mencari tahu tentang kejadian-kejadian yang ada di semesta termasuk bumi dan seisinya. Konsep utama bidang studi ini adalah mendalami tentang dasar-dasar ataupun karakteristik manusia. Hal ini yang merupakan keterkaitannya dengan ilmu psikologi, karena pada dasarnya ilmu psikologi adalah ilmi yang membahas pola ataupun karakteristik tentang manusia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa orang baik?

Kenapa orang baik sering tersakiti? Karena org baik akan selalu mendahulukan org lain, meskipun kebahagiaan ada ditanganya. Dia gamau menik...