Minggu, 13 November 2016

sistem informasi psikologi tugas kelompok 1



 
SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI
Analisis dan Tahap Perancangan Aplikasi Test IQ Berbasis Mobile
DISUSUN OLEH:
ANGGI NOVITA ( 11513011)
RANGGA PRADITYA W. (17513275)
4PA10
FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA

DAFTAR ISI




Analisis & Tahap Perancangan Aplikasi Test IQ Berbasis Mobile

A.     Identifikasi Masalah

Test IQ (Inteligent Questions) adalah sebuah metode untuk mengetahui kinerja atau kemampuan otak dengan mengerjakan beberapa test. Test ini menuntut seseorang meningkatkan kemampuan dan kecepatan otak mengolah suatu bentuk tugas atau keterampilan tertentu.
Pelayanan tentang Test IQ saat ini masih bersifat manual jadi dalam penggunaanya kurang efisien sehingga perlu diterapkan suatu sistem informasi berbasis mobile untuk membantu melatih kinerja otak yang lebih efektif dan efisien dan bisa digunakan di mana saja.
Diharapkan pelayanan tentang Test IQ ini dapat memberikan media untuk melatih dan meningkatkan kinerja otak, serta media ini menjadi solusi yang lebih efisien dan lebih efektif dibandingkan dengan sistem yang sudah ada sebelumnya.

B.     Analisis Masalah

Tahap analisis dilakukan setelah perancangan sistem dan sebelumnya tahap desain sistem. Konsep kegiatan analisis akan dibagi menjadi 3 langkah, yaitu:
1.    Analisis sistem, bertujuan untuk mencari solusi dari masalah/kelemahan yang terjadi di sistem lama.
2.    Analisis kebutuhan, bertujuan untuk menguraikan kebutuhan sistem agar sistem baru yang diusulkan untuk menyelesaikan masalah di sistem lama dapat direalisasikan.
3.    Analisis kelayakan sistem, bertujuan untuk menguraikan analisis kelayakan sistem baru jika di implementasikan pada handphone.


C.     Analisis Kebutuhan

1.      Kebutuhan Data

Kebutuhan data membahas tentang data apa yang dibutuhkan pada sistem baru yang didasarkan dari sistem yang sudah ada. Dalam hal ini data acuan yang digunakan adalah data Test IQ dari LPT Citra Bangsa.

2.      Kebutuhan Fungsional

Kebutuhan fungsional berisi proses-proses apa saja yang nantinya dilakukan oleh sistem. Dibutuhkan sebuah sistem yang mampu melakukan fungsi-fungsi seperti ini :
1.    Sistem mampu untuk menampilkan Soal
2.    Sistem mampu memberikan pilihan jawaban
3.    Sistem mampu menghitung jawaban yang benar.
4.    Sistem mampu menampilkan nilai.
5.    Sistem dapat menampilkan petunjuk penggunaan.

3.      Kebutuhan Non Fungsional

Kebutuhan non Fungsional menjabarkan apa-apa saja yang harus dimiliki oleh sistem agar dapat berjalan. Kebutuhan non-fungsional melitputi ketersedian perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna.

a.    Kebutuhan Perangkat Keras (hardware)
Perangkat keras yang akan digunakan untuk membangun sistem aplikasi ini adalah seperangkat notebook Acer Aspire 4720Z dengan spesifikasi sebagai berikut.

PERANGKAT KERAS
SPESIFIKASI
Processor
Intel@ Pentium@ dual-Core Processor T2370 (1.73  GHz, 533 Mhz FSB, 1MB L2 cache).
Motherboard
Intel
SODIMM
1.5 GB
HDD
120 GB
Layar
14.1” HD LED
Keyboard + Mouse
Standart + TouchPad
Optical Drive
DVD RW
Graphics
Mobile Intel(R) Graphic Media Accelerator X3100
Printer
Canon PIXMA MP250

Sedangkan untuk perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah telepon seluler ataupun mobile device lainnya. Yang akan digunakan untuk implementasi aplikasi ini adalah Nokia C2-01.

b.    Kebutuhan Perangkat Lunak (software)
Agar sistem ini dapat dan diimplementasikan maka diperlukan perangkat lunak baik di tahap pembuatan maupun tahapan implementasi saat sistem dijalankan. Adapun perangkat lunak yang dibutuhkan pada saat tahapan pembuatan adalah Java Development Kit 6 update 20, Netbeans 6.8, dan Mozilla Firefoz serta Sistem Operasi Windows 7.
Sedangkan untuk perangkat lunak yang dibutuhkan pada saat implementasi adalah Java MIDP 2.0 CLCD 1.1.

c.    Kebutuhan Sumber Daya Manusia (brainware)
Untuk mewujudkan sistem ini maka diperlukan seorang analis dan programmer pada tahap pembuatan. Adapun deskripsi tugasnya adalah :
1.    Analis: seorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai kebutuhan.
2.    Programmer: bertanggung jawab mengimplementasikan perancangan dari analis dalam bentuk program dan aplikasi secara keseluruhan.
Sedangkan  sebagai  pengguna  dari  sistem  yang  diusulkan,  yaitu User: pihak yang menggunakan adalah semua kalangan yang membutuhkan tes kecerdasan.

D.     Tahap Perancangan

1.      Struktur Navigasi

Struktur Navigasi yang diterapkan adalah struktur navigasi hirarki (sering disebut struktur navigasi bercabang), yaitu merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data atau gambar pada layer dengan kriteria tertentu. Tampilan pada menu utama disebut master page (halaman utama satu), halaman tersebut mempunyai halaman percabangan yang disebut slave page (halaman pendukung) dan jika dipilih akan menjadi halaman kedua, begitu seterusnya. Bagan dari tampilan struktur navigasi hirarki dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Description: C:\Users\user\Desktop\Navigasi-Hirarki.PNG

2.      Interface

Jenis interface yang digunakan adalah Graphical User Interface (GUI). Graphical User Interface adalah bentuk komunikasi dengan  Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) dan menampilkan windows, seperti kotak dialog, icon, menu dan sebagainya. untuk berinteraksi dengan pengguna.
Adapun perangkat lunak yang dibutuhkan pada saat tahapan pembuatan adalah Java Development Kit 6 update 20, Netbeans 6.8, dan Mozilla Firefoz serta Sistem Operasi Windows 7. Sedangkan untuk perangkat lunak yang dibutuhkan pada saat implementasi adalah Java MIDP 2.0 CLCD 1.1.


DAFTAR PUSTAKA


Huda, Muhammad Syahirul. 2012. Aplikasi Test IQ Berbasis Mobile. Yogyakarta: Naskah Publikasi AMIKOM.



















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa orang baik?

Kenapa orang baik sering tersakiti? Karena org baik akan selalu mendahulukan org lain, meskipun kebahagiaan ada ditanganya. Dia gamau menik...